Totok Wajah, Pengertian dan Manfaatnya

pengertian totok wajah dan manfaatnya

Wajah merupakan bagian tubuh yang harus dirawat secara hati-hati. Untuk merawat wajah agar tetap cantik, segar, bersih, berseri, dibutuhkan perawatan khusus. Karena kondisi wajah setiap orang berbeda-beda, jadi cara merawatnya pun tidak bisa disamaratakan.

Namun ada satu perawatan wajah yang bisa di coba oleh siapa saja karena tidak menggunakan bahan kimia sama sekali, perawatan wajah tersebut adalah totok wajah.

Apa Itu Totok Wajah?

Totok wajah adalah metode perawatan kecantikan yang dilakukan dengan cara memijat pada bagian wajah dengan menggunakan teknik khusus. Totok wajah merupakan terapi gabungan dari dua metode, yaitu acupressure (pijit/tekan) dan bio energy atau tenaga dalam yang langsung disalurkan ke wajah, sehingga manfaatnya bisa langsung dirasakan.
Totok wajah bisa bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Totok atau acupressure sering disebut juga sebagai akupuntur tanpa jarum. Totok dilakukan pada titik-titik tertentu menggunakan ujung jari dan alat khusus. Sebagian besar titik tekan tersebut berada di wajah.
Totok wajah harus dilakukan oleh ahlinya, agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan dan kecantikan. Perawatan kecantikan dengan totok wajah membutuhkan keterampilan khusus yang tidak bisa dilakukan sembarang orang. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan perawatan totok wajah di tempat yang terbukti sudah ahli.

Manfaat Totok Wajah

Tujuan dari totok wajah adalah untuk mengaktifkan titik-titik aura pada wajah, sehingga wajah akan terlihat lebih cerah, kencang, serta awet muda. Oleh karena itu, manfaat totok wajah untuk kecantikan sangatlah besar.

Berikut beberapa manfaat totok wajah untuk kecantikan kulit wajah:

  1. Mencegah Penuaan Dini
    Stres yang dialami setiap hari bisa mengakibatkan ketegangan pada otot dan menimbulkan garis-garis keriput pada dahi, alis dan sepanjang garis bibir. Kondisi ini merupakan tanda penuaan dini.

    Pijatan lembut yang dilakukan pada wajah secara rutin bisa membantu mengendurkan otot serta mengurangi kerut wajah. Manfaat totok wajah ini bisa dikombinasikan dengan penggunaan pelembap yang juga dapat mengatasi kulit kering serta flek hitam pada wajah.

    Selain itu, metode totok wajah tergantung pada kondisi kulit, usia, serta tujuan dari perawatan kulit. Manfaat totok wajah ini dapat merangsang aliran darah, sehingga membuat kulit menjadi tampak lebih segar dan bersinar, sehingga Anda akan terlihat lebih muda dan terhindar dari penuaan dini.

  2. Mengurangi Ketegangan Otot Wajah
    Ketika otot wajah tegang, maka memicu timbulnya keriput. Stres yang menumpuk bisa menjadi penyebab beberapa masalah pada wajah, seperti pengetatan alis dan rahang.

    Manfaat totok wajah bisa mengurangi serta memberikan efek yang lebih relaks dan segar pada penampilan. Efek relaksasi ini juga akan menyebar ke seluruh tubuh.

  3. Kulit Wajah Lebih Bercahaya
    Totok wajah bisa menstimulasi otot-otot wajah dengan membawa oksigen ke area yang berisiko terkena penuaan dini. Kelancaran aliran darah ini akan membantu wajah meningkatkan produksi kolagen, sehingga memberikan efek kulit bercahaya yang sehat dan alami.
  4. Membantu Penyerapan Make-up
    Teknik pemijatan pada wajah bisa melancarkan sirkulasi darah, sehingga membantu membuang kotoran, serta racun. Selain itu, manfaat totok wajah juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati. Kulit pun lebih cerah dan tampak lebih muda.

    Totok wajah bisa meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat membantu mengurangi bengkak dan mengecilkan pori-pori, sehingga kulit tampak lebih halus dan lembap. Kondisi ini membantu produk kosmetik yang Anda gunakan terserap lebih mudah ke dalam kulit. Riasan pun dapat bertahan lebih lama.

  5. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain
    Totok wajah merupakan salah satu cara alami untuk mengatasi sakit kepala. Terapi alternatif ini dipercaya bisa meringankan sakit kepala yang disebabkan oleh mata lelah atau sinusitis.

    Titik yang ditekan adalah yang berada di antara kedua alis selama satu menit, atau bisa juga dengan menekan kedua sisi pangkal hidung selama 10 detik.

    Selain itu, sebuah studi menunjukkan bahwa totok wajah juga bisa meredakan sakit kepala kronis akibat migrain. Totok wajah bisa membantu melancarkan aliran darah di sekitar kepala dan wajah, sehingga bisa mengurangi rasa nyeri. Akan tetapi, untuk mengobati migrain tetap dibutuhkan obat dari dokter, tidak bisa mengandalkan totok wajah saja.

  6. Menghilangkan Stres dan Cemas Berlebihan
    Manfaat totok wajah selanjutnya adalah untuk menghilangkan stres dan cemas berlebihan. Terapi alternatif ini dapat membantu melancarkan aliran darah, mengurangi ketegangan otot, dan membantu Anda merasa lebih relaks.

    Pada area di antara kedua alis, dilakukan pijatan dengan gerakan melingkar selama 5-10 menit atau dengan cara menekan titik di telinga bagian atas selama 2 menit, ini bertujuan untuk mengurangi stres. Ketika totok wajah berlangsung, coba tarik napas Anda dalam-dalam kemudian hembuskan. Atur iramanya sampai Anda merasa lebih tenang.

    Saat mengenali manfaat totok wajah untuk kecantikan dan kesehatan ini, Anda harus memahami bahwa melakukan totok wajah hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman atau ahlinya.

Proses Totok Wajah

Untuk melakukan perawatan kecantikan dengan totok wajah membutuhkan keterampilan khusus dan harus dilakukan oleh yang sudah ahli.

Berikut ini merupakan tahapan totok wajah:

  1. Setelah wajah dibersihkan dengan lembut, terapi dimulai dengan beberapa pijat ringan di tubuh untuk mengendurkan otot. Terapis harus memastikan Anda merasa nyaman dengan tingkat tekanan yang diberikan.

    Pijatan tersebut fokus pada daerah wajah, leher dan punggung bagian atas. Pijatan tubuh ini akan membuat tubuh relaks dan melancarkan peredaran darah sebelum masuk ke bagian inti, yaitu wajah.

  2. Langkah berikutnya melibatkan totok dan memijat wajah. Dengan lebih dari 360 titik yang distimulasi, cara ini dianggap sebagai fase pengobatan yang paling intens. Pada tahap ini, terapis akan membagi daerah wajah menjadi bagian kanan dan bagian kiri.

    Bersamaan dengan fase ini, biasanya terapis akan memberikan krim nutrisi. Titik tekanan yang dirangsang selama totok wajah sebagian besar terletak di sekitar area mata dan alis, sepanjang sisi dahi, dagu dan tulang pipi. Langkah terakhir adalah aplikasi masker untuk meningkatkan kesegaran kulit.

  3. Langkah terakhir yang merupakan inti dari perawatan kecantikan ini adalah dengan melakukan pemijatan pada beberapa area wajah seperti area garis senyum, pelipis, alis bagian atas, dan daerah pangkal hidung.

Apakah Totok Wajah Berbahaya?

Pada umumnya, totok wajah tidak berbahaya dan tidak sakit jika wajah ditekan secara perlahan dan lembut. Namun, sebagian orang mungkin akan merasa pusing setelah melakukan totok wajah. Terkadang, totok wajah juga bisa menimbulkan memar atau nyeri pada beberapa titik yang ditekan.

Totok wajah tidak boleh dilakukan di pada bagian wajah yang bengkak, luka terbuka, atau memar. Totok wajah juga tidak boleh dilakukan pada sebagian orang. Diantaranya adalah orang yang sedang hamil atau menderita osteoporosis, patah tulang di bagian wajah, kanker, gangguan pembekuan darah, penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi harus berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mencoba totok wajah.

Melakukan totok wajah boleh saja, namun selalu ingat untuk meminta bantuan terapis yang ahli, berpengalaman, dan kompeten. Sebab, tidak semua orang paham titik-titik akupresur penting pada bagian tubuh.

Jika setelah melakukan totok wajah muncul keluhan nyeri atau pusing yang tidak kunjung membaik, disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Itulah pengertiain totok wajah, manfaat totok wajah, serta penjelasan tambahan perihal totok wajah lainnya.
Semoga bermanfaat.

Referensi:
Liputan6.com
Alodokter.com

Leave a Comment