Mudah! Berikut Tips Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

mewarnai rambut sendiri

Mencoba variasi warna rambut memang bisa membuat penampilan terlihat lebih menarik. Akan tetapi, mewarnai rambut sendiri di rumah mungkin cukup merepotkan bagi sebagian orang. Padahal, sama sekali tidak terlalu sulit.

Sebenarnya, tempat yang pas untuk membantu mewarnai rambut adalah salon. Salon menjadi tempat pertama yang dituju ketika ingin mewarnai rambut. Tempat ini dipilih agar tidak gagal dalam mewarnai rambut. Bahkan akan rela membayar mahal agar hasil yang didapatkan maksimal.

Akan tetapi, jika pertimbangannya dari sisi biaya agar lebih murah, maka mewarnai rambut sendiri dirumah bisa jadi pilihan.

Dengan langkah-langkah yang tepat, hasil mewarnai rambut sendiri di rumah pun tidak akan kalah bagusnya dengan hasil pewarnaan di salon. Hanya saja ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan untuk mendapatkan warna rambut seperti yang diinginkan.

Tips Mewarnai Rambut Sendiri

Berikut beberapa tips mewarnai rambut sendiri di rumah agar memberikan hasil ala salon profesional.
  1. Pilih Produk Cat Rambut yang Tepat
    Pilih produk cat rambut dengan formula yang tidak mudah tumpah, sehingga aplikasinya jadi lebih mudah saat dilakukan sendiri di rumah.

  2. Pilih Warna yang Tepat
    Anda bisa coba menggunakan warna yang lebih terang atau lebih gelap sekitar 2 sampai 3 tingkat. Hal itu agar warna rambut Anda tetap cocok dengan warna kulit. Jadi jangan hanya mengikuti tren yang sedang viral di media sosial.

  3. Warna Rambut yang Terang
    Jika Anda memilih warna yang terang, Anda perlu menggunakan minimal 2 kotak cat rambut (tergantung tebal tipis dan panjang pendek rambut). Hal ini untuk memastikan bahwa semua helai rambut terwarnai dengan sempurna.

  4. Menjaga Warna Rambut
    Tidak sedikit cat rambut yang mudah pudar dan membuat Anda menjadi sering mewarnai rambut kembali. Agar warna rambut tahan lama, berikut ini ada beberapa triknya.

    Saat tidur, coba gunakan sarung bantal yang halus. Saat mandi, coba gunakan shower cap dan jangan terlalu sering keramas, agar warna rambut tidak cepat pudar. Untuk kegiatan di luar ruangan, Anda bisa menutupi rambut dengan topi atau scarf.

  5. Mewarnai Rambut Sendiri Pertama Kali
    Hal yang perlu diperhatikan untuk yang baru pertama kali mewarnai rambut sendiri di rumah adalah cara menyisir rambutnya. Jangan terlalu kasar saat menyisir rambut, agar tidak merusak batang rambut.

    Ketika mulai mewarnai rambut, sebaiknya Anda menggunakan kain pelapis atau handuk leher. Jadi ketika cat rambut menetes, tidak langsung terkena baju.

    Selain itu, ketika mewarnai rambut, jepit rambut menjadi beberapa bagian. Sehingga Anda tahu bagian mana yang belum diwarnai.

Proses Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah

  1. Siapkan perlengkapan
    Ketika mewarnai rambut sendiri di rumah, Anda perlu menyiapkan berbagai peralatan yang diperlukan untuk mewarnai rambut. Berikut diantaranya.

    – Produk cat rambut pilihan
    – Mangkuk non-logam untuk wadah pewarna
    – Brush atau sikat untuk mengaplikasikan pewarna rambut
    – Beberapa jepit rambut
    – Sarung tangan
    – Handuk untuk melindungi pakaian dari pewarna yang menetes

    Jika peralatannya sudah lengkap, Anda bisa mulai melakukan proses mewarnai rambut ini.

  2. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian
    Teknik memisahkan rambut yang tepat sangat penting agar hasil pewarnaan menjadi lebih maksimal. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian dan gunakan penjepit untuk menahan rambut agar tidak jatuh. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar proses pewarnaan rambut lebih merata.

  3. Cara mengaplikasikan cat rambut
    – Campurkan cat rambut dalam non-logam yang sudah disediakan dan gunakan brush khusus
    – Fokus pada satu bagian rambut terlebih dahulu
    – Mulailah proses aplikasi cat rambut hingga merata
    – Jangan sampai lupa bagian ujung rambut yang sering terlewat
    – Lakukan sedikit demi sedikit helai rambut agar pewarnaan lebih merata

  4. Membersihkan cat rambut
    Mewarnai rambut sendiri di rumah lebih praktis jika Anda memilih produk pewarna rambut dengan formula non drip. Jadi, tidak mudah menetes di pelipis. Karena mewarnai rambut sendiri di rumah memang rentan berantakan dan belepotan.

    Jika ada cat rambut yang menetes dikulit, Anda bisa membersihkannya dengan handuk yang diberi air hangat dan sabun cair. Usapkan dengan lembut di bagian kulit yang terkena cat rambut hingga sisa cat rambut yang menempel hilang.

Demikian tips mewarnai rambut sendiri di rumah yang bisa Anda coba sekarang juga. Selamat bereksperimen.

Leave a Comment