Pas di Kulit! Coba Tips Memilih Warna Rambut Berikut

memilih warna rambut

Sebenarnya, bebas saja memilih warna rambut sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun, ada sebagian warna yang akan terlihat sangat bagus karena “cocok” dengan warna kulit Anda. Sehingga fungsi cat rambut yang sesungguhnya bisa Anda rasakan, yaitu mempercantik tampilan Anda.

Sebelum Anda mulai menjelajahi internet untuk memilih warna rambut sesuai undertone kulit, ada baiknya Anda perhatikan beberapa tips berikut ini agar hasilnya lebih maksimal.

Tips Memilih Warna Rambut

Jika akhir-akhir ini Anda berpikir bahwa diri Anda kelihatan tidak menarik dan kusam, mungkin ini waktunya untuk mempertimbangkan mengganti warna rambut Anda. Tidak masalah jika memilih warna yang Anda sukai, namun pastikan warnanya akan cocok dengan warna kulit Anda.

Ketahui warna kulit Anda dengan cepat, kemudian cari tahu apa rona warna kulit (undertone) Anda. Pelajari juga warna rambut mana yang cocok dengan kulit Anda. Warna rambut yang cocok dengan kulit akan membuat penampilan Anda semakin menarik.

Macam-macam Undertone Kulit

Sebelum memilih warna rambut, Anda perlu mengetahui cara menentukan undertone kulit. Undertone kulit dibagi menjadi 3 macam yaitu warm, cold dan netral.

Undertone kulit ini tidak berdasarkan warna kulit, akan tetapi pada nuansa kulit. Orang yang memiliki warna kulit gelap bukan berarti dia memiliki undertone kulit warm, dan sebaliknya orang memiliki warna kulit pucat belum tentu memiliki undertone kulit cold.

Cara Mentukan Undertone Kulit

Berikut beberapa cara menentukan undertone kulit.
  1. Lihat urat nadi
    Anda perlu melihat urat nadi yang berada pada bagian dalam tangan. Apabila warnanya dominan hijau berarti undertonenya warm, apabila kebiruan maka undertonenya cold dan apabila keduanya maka disebut dengan netral.

  2. Tanyakan pada diri Anda
    Jika Anda kesulitan menentukan undertone kulit, coba tanyakan pada diri Anda beberapa pertanyaan sederhana.

    – Apakah Anda lebih cocok memakai perhiasan emas atau perak? Jika emas, Anda mempunyai undertone kulit warm. Jika perak, Anda mempunyai undertone kulit cold.
    – Apa warna mata Anda? Jika warna mata Anda hijau, coklat, atau merah kecoklatan, Anda mempunyai undertone warm. Jika warna mata Anda biru, abu-abu, atau bermata hijau, Anda mempunyai undertone cold.

    Selain itu, salah satu cara paling mudah untuk memastikan undertone kulit adalah coba rasakan seberapa mudah kulit Anda terbakar.

    Jika kulit Anda cenderung terbakar atau kemerahan, berarti undertone kulit Anda cold, dan jika kulit Anda mudah menggelap atau sawo matang, maka undertone kulit Anda warm.

Memilih Warna Rambut Sesuai Dengan Undertone Kulit

  1. Warm Undertone
    Orang yang memiliki undertone kulit warm pada kulit gelap lebih cocok menggunakan warna rambut dengan nuansa kastanye atau coklat muda. Hal ini bisa membantu menyeimbangkan warna kulit. Tapi apabila Anda memiliki undertone kulit warm yang kemerahan, pilihlah warna rambut yang gelap seperti coklat tua, hitam, ataupun warna yang lebih deep.

    Untuk Anda yang memiliki kulit pucat ataupun medium dengan undertone kulit warm dapat memilih warna kastanye, coklat gelap keemasan, pirang dan mahoni. Anda juga bisa mencoba memberikan highlight dengan dasar kemerahan, seperti coklat muda dan tembaga.

    Sedangkan untuk Anda yang memiliki warna kulit langsat pilihlah warna keemasan sebagai dasar. Misalnya pirang madu, pirang, kastanye atau moka.

  2. Cold Undertone
    Orang yang memiliki undertone kulit cold pada kulit gelap lebih cocok menggunakan warna coklat ataupun hitam. Hal ini untuk menyeimbangkan warna kulit dan membuat kulit lebih hangat. Anda juga bisa menambahkan highlight dengan warna kemerahan.

    Jika Anda memiliki warna kulit pucat dengan undertone kulit cold maka pilihlah warna rambut coklat kuat, merah, atau dasar pirang. Terus pilih highlight yang berwarna honey-wheat atau keabuan. Ini akan membantu mengontraskan undertone yang Anda miliki.

    Jika Anda memiliki warna kulit kuning langsat atau medium, Anda bisa menggunakan warna abu-abu, platinum, tembaga, atau merah keunguan. Hal ini dimaksudkan untuk mempertegas undertone yang Anda miliki. Jadi penampilan terlihat lebih fresh.

Itulah tips memilih warna rambut sesuai dengan undertone kulit. Jadi cek terlebih dahulu undertone kulit sebelum memilih warna untuk rambut Anda.
Selamat mencoba.

Leave a Comment