Merawat Kulit Tubuh: Ikuti Cara Berikut Agar Sehat Alami

merawat kulit tubuh

Salah satu bagian tubuh yang harus dirawat dengan baik adalah kulit. Ada banyak jenis perawatan kulit tubuh yang bisa dilakukan. Dari sekian banyak perawatan kulit tubuh, yang paling banyak melakukannya adalah para wanita. Karena kulit merupakan simbol kecantikan bagi para wanita.

Untuk merawat kulit tubuh, Anda tidak perlu terus menerus ke dokter spesialis kulit dan mengeluarkan biaya yang besar, namun Anda juga bisa merawat kulit tubuh setiap hari di rumah dengan cara yang cukup mudah dan tentunya lebih hemat biaya.

Cara Merawat Kulit Tubuh

Seperti yang sudah tadi disebutkan, ada banyak sekali jenis perawatan kulit tubuh yang bisa dilakukan. Berikut cara merawat kulit tubuh yang bisa Anda lakukan sekarang juga.
  1. Mandi
    Cara merawat kulit tubuh yang pertama yang bisa Anda lakukan tentu saja dengan rutin membersihkan tubuh dari kotoran dan debu. Normalnya, waktu paling tepat untuk membersihkan diri adalah 3 kali dalam sehari dengan sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

  2. Eksfoliasi
    Tidak cukup hanya mandi saja, melakukan eksfoliasi dengan menggunakan produk beformula scrub juga bisa menjadi salah satu cara merawat kulit tubuh yang dapat dilakukan sekali dalam seminggu. Cara yang satu ini berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit tampak lebih cerah.

  3. Menggunakan produk perawatan kulit
    Agar cara merawat kulit tubuh lebih sempurna, jangan lupa untuk melakukan perawatan lebih intens dengan menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Salah satu produk yang tidak boleh ketinggalan yaitu body lotion, karena bisa mengunci kelembapan pada kulit.

  4. Lindungi dari sinar matahari
    Jangan menyepelekan paparan sinar matahari. Ada beberapa efek buruk yang bisa terjadi di kulit. Intensitas tertinggi sinar matahari terjadi pada pukul 10.00 sampai 16.00. Jika Anda harus beraktivitas di waktu tersebut, jangan lupa menggunakan tabir surya ber-SPF lebih dari 15 dan menerapkannya 20 menit sebelum Anda beraktivitas keluar. Anda juga bisa menggunakan pakaian pelindung seperti baju berlengan panjang, celana panjang, topi, dan payung.

  5. Makan makanan sehat dan bergizi
    Menjaga kesehatan kulit juga bisa dilakukan dari dalam yaitu dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Kebiasaan baik ini bisa membuat kulit Anda terlihat cantik alami. Makanlah makanan yang sehat, terutama yang mengandung vitamin C, kolagen, dan vitamin E.

    Makanan yang mengandung vitamin C antara lain bayam, kiwi, stroberi, dan tomat. Sementara kolagen terdapat pada bawang putih, ikan dan daging tanpa lemak, kacang-kacangan, produk kedelai, serta sayuran berwarna hijau gelap. Untuk vitamin E Anda bisa dapatkan pada alpukat, kiwi, kacang-kacangan, tomat, dan cabai.

  6. Kurangi begadang
    Apakah waktu tidur Anda sudah cukup? Jika kurang, tidak dapat dipungkiri, kulit pun akan mudah mengalami berbagai masalah serta dapat mempercepat proses penuaan dini. Sebagai langkah untuk merawat kulit tubuh, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan tidur Anda.

  7. Membersihkan wajah dan memakai pelembap
    Sebaiknya bersihkan wajah dengan menggunakan air hangat setidaknya dua kali sehari saat pagi dan malam hari sebelum tidur. Pastikan untuk menghapus make up di malam hari terlebih dahulu. Pilihlah produk pembersih wajah yang tidak mengandung sabun dan pewangi serta memiliki bahan alami. Anda juga menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulit dan mengandung SPF agar memberikan perlindungan dari paparan sinar matahari.

  8. Jangan konsumsi alkohol
    Anda sering minum alkohol? Jika ya, sebaiknya berhenti dari kebiasaan tersebut. Alkohol bisa membuat produksi kolagen menurun, membuat kulit dehidrasi, dan membuat kulit terlihat kusam. Jika kolagen menurun maka regenerasi kulit menjadi tidak maksimal.

    Alkohol juga bisa merusak organ tubuh yang berperan menghilangkan racun dalam tubuh. Jika organ hati rusak, racun pada tubuh akan menumpuk dan tidak bisa dibuang dengan baik. Risikonya akan membuat kulit kusam atau berjerawat.

  9. Jangan merokok
    Cara merawat kulit tubuh selanjutnya adalah dengan tidak merokok. Kebiasaan merokok tidak hanya buruk bagi kesehatan tubuh, tapi juga untuk kulit. Rokok memiliki lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya. Beberapa efek buruk bagi kulit adalah memicu kemunculan tanda-tanda penuaan dini, membuat kulit kering, kasar, dan kusam.

    Selain itu, pergerakan otot wajah saat merokok bisa mempermudah timbulnya garis-garis halus, terutama di area dekat bibir. Bahaya lainnya, merokok bisa memecah kolagen yang mengakibatkan elastisitas kulit berkurang dan merusak sel-sel kulit.

  10. Mengendalikan stres
    Stres secara tidak langsung bisa menstimulasi kelenjar adrenal yang mampu menghasilkan kortisol. Hormon kortisol merupakan hormon utama stres yang memicu produksi lemak berminyak dari kelenjar sebaceous. Jika kulit memiliki minyak yang terlalu banyak, pori-pori kulit bisa tertutup dan menjebak bakteri penyebab jerawat.

  11. Cukupi kebutuhan air putih
    Cara merawat kulit tubuh paling sederhana adalah dengan mengonsumsi air mineral secukupnya. Air sangat membantu dalam menghidrasi kulit. Banyak orang yang menyarankan minimal 8 gelas sehari, tapi sesuaikan dengan berat Anda.

    Rumusnya cukup mudah, ubah berat Anda menjadi pounds kemudian bagi dengan angka 2. Ubah hasil dari oz ke milliliter, maka Anda mendapatkan jumlah cairan yang harus dikonsumsi setiap harinya. (Tolong koreksi kalau rumusnya salah).

  12. Olahraga secara rutin
    Lakukanlah olahraga minimal 2 kali dalam seminggu untuk membuat kulit tetap kencang dan cantik serta jauh dari penyakit. Olahraga bisa membuat peredaran darah lancar dan daya tahan tubuh yang lebih baik. Kondisi tersebut berpengaruh pada kesehatan kulit dan tubuh Anda secara keseluruhan.

  13. Pijat
    Manfaat utama dari pijat atau body massage adalah untuk melancarkan peredaran darah di dalam tubuh sehingga nutrisi dan oksigen bisa disalurkan secara merata ke seluruh sel-sel, termasuk ke sel-sel kulit. Rutinlah untuk melakukan pijat (seminggu sekali) mulai dari ujung kaki hingga ujung kepala, agar bisa membantu memperlancar darah di dalam tubuh dan untuk menjaga kesehatan kulit. Perlu Anda ketahui, body massage merupakan salah satu jenis perawatan tubuh paling populer.
Cara merawat kulit tubuh diatas bisa Anda lakukan tanpa menggunakan bahan-bahan yang berbahaya. Jika Anda ingin mencoba merawat kulit tubuh dengan bahan alami dan tradisional, Anda bisa mencoba beberapa cara dibawah ini.

Merawat Kulit Tubuh Secara Alami

Salah satu cara merawat kulit tubuh agar cantik, sehat, putih dan cerah adalah menggunakan bahan-bahan alami. Berikut bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk merawat kulit tubuh.

  1. Sabun muka alami
    Berikut cara membuat sabun muka alami yang sehat untuk merawat kulit tubuh agar cantik dan menawan.

    Bahan-bahan yang perlu disiapkan:
    – 3/4 cangkir teh chamomile yang sudah diseduh lalu disaring
    – 1/4 cangkir sabun cair
    – 1/2 sdt (sendok teh) minyak almond
    – 3-4 tetes minyak vitamin E
    – 8 tetes minyak esensial lavender

    Cara membuat:
    – Sediakan sebuah wadah (botol) yang bisa menampung semua bahan-bahan di atas. Kemudian masukkan sabun cair, minyak almond, minyak vitamin E, serta minyak esensial.
    – Lalu tambahkan (hasil sulingan) teh chamomile
    – Aduk hingga tercampur rata

    Sabun wajah alami tersebut sudah siap untuk digunakan

  2. Minyak kelapa murni
    Minyak kelapa merupakan salah satu bahan tradisional yang sangat baik untuk meningkatkan kecantikan dan perawatan kulit. Manfaatnya adalah untuk menguatkan jaringan epidermis kulit, membantu mengangkat sel kulit mati, melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, mengandung antibakteri, antivirus, antijamur; dan mengandung sifat antioksidan.

    Minyak kelapa bisa dimanfaatkan sebagai pelembab kulit yang sekaligus dapat berfungsi sebagai pelindung bagi kulit terhadap penyakit kronis seperti peradangan serta dermatitis atopik.

  3. Madu mentah
    Madu mentah merupakan bahan tradisional terbaik yang mengandung nutrisi, enzim, dan vitamin. Bermanfaat untuk meningkatkan keasamaan kulit serta berguna juga untuk:
    – Melembabkan kulit
    – Mempercepat proses penyembuhan luka
    – Membantu melawan alergi dan ruam
    – Memiliki kandungan antiseptik yang berkualitas
    – Membantu menyamarkan bekas luka

    Jika Anda tertarik menggunakan madu sebagai produk perawatan kulit tradisional yang bisa Anda buat sendiri di rumah, Anda bisa mencoba mengikuti tips di bawah ini:
    – Sediakan 1 sdt (sendok teh) madu mentah
    – Usapkan di bagian lengan dan kulit wajah secara merata
    – Biarkan selama 10 menit
    – Bilas dengan air hangat
    – Keringkan

  4. Alpukat
    Alpukat yang sudah matang banyak mengandung vitamin. Mulai dari vitamin A, D, dan E. Selain itu, alpukat juga kaya asam lemak omega-3. Alpukat bisa dimanfaatkan sebagai masker kulit yang berfungsi untuk membantu menutrisi dan menghidrasi kulit agar kulit jadi lebih halus, lebih kenyal, dan lebih bercahaya.

  5. Air lemon
    Jika Anda ingin mencerahkan kulit atau mengatasi noda-noda hitam di wajah yang menyebabkan muka terlihat kusam atau gelap, Anda bisa memanfaatkan air lemon. Agar tidak terlalu keras, sebaiknya tambahkan air biasa, lalu terapkan di seluruh kulit wajah. Namun ingat! penggunaan air lemon untuk memutihkan kulit tidak dianjurkan bagi kulit sensitif. Tipsnya, untuk mengatasi noda, terapkan air lemon hanya pada noda-noda hitam atau bekas luka saja.

  6. Lidah buaya
    Lidah buaya atau yang biasa dikenal dengan nama aloe vera tentu sudah tidak asing di telinga. Mengingat berbagai manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya yang mengandung anti bakteri, memiliki sifat anti peradangan dan bisa membantu mengatasi berbagai masalah kulit seperti gatal-gatal atau ruam-ruam, merupakan bahan tradisional terbaik untuk merawat kulit dan berguna untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti infeksi dan luka bakar.

  7. Minyak jojoba
    Jika memiliki minyak jojoba di rumah, manfaatkan minyak tersebut untuk merawat kulit Anda. Fungsi utama minyak ini adalah untuk melembabkan kulit dan membantu menyembuhkan luka bakar, luka biasa, menyamarkan bekas luka, mengatasi dermatitis, psoriasis, hingga bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat dan keriput.

  8. Minyak almond
    Manfaat utama minyak almond adalah untuk mengatasi ruam, jerawat, dan kulit kering. Untuk menggunakannya cukup sederhana, Anda bisa gunakan sebagai masker atau lotion di saat-saat senggang.

  9. Bengkoang
    Sejak dahulu, sari bengkoang dikenal sebagai salah satu bahan alami terbaik untuk memutihkan kulit. Jika ingin memiliki kulit yang cerah dan sehat, Anda wajib memasukkan bengkoang ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda.

    Adapun cara memanfaatkannya ialah:
    – Tumbuk halus atau parut bengkoang lalu ambil airnya. Anda juga bisa memanfaatkan blender jika tidak ingin repot.
    – Usapkan air bengkoang tersebut ke seluruh kulit tubuh dan wajah
    – Diamkan beberapa saat sebelum dicuci
    – Jika ingin digunakan sebagai scrub alami, Anda bisa mencampurkannya dengan parutan bengkoang

  10. Mentimun
    Mentimun bisa menjaga agar kulit tetap terlihat segar dan tidak kusam. Manfaat lainnya adalah untuk mengatasi pigmentasi kulit serta membantu menghilangkan lingkar hitam di sekitar mata atau yang lebih kita kenal dengan istilah mata panda.

    Cara memanfaatkannya:
    – Tumbuk mentimun kemudian peras dan ambil airnya
    – Usapkan air mentimun hasil perasan ke seluruh permukaan kulit di tubuh Anda
    – Diamkan selama 30 menit
    – Basuh dan mandilah seperti biasa

  11. Kentang
    Kentang banyak mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Manfaat utamanya adalah untuk memutihkan wajah dan kulit secara natural.

    Cara memanfaatkannya:
    – Kupas kentang kemudian rebus lalu tumbuk hingga halus
    – Tambahkan 2 sdm (sendok makan) susu skim
    – Aduk hingga membentuk pasta
    – Balurkan ke seluruh tubuh
    – Diamkan selama 30 menit
    – Bersihkan dan bilas dengan air dingin

  12. Susu
    Jika Anda ingin memiliki kulit yang kenyal dan bebas kerutan, Anda wajib mempertimbangkan susu sebagai salah satu ritual perawatan kulit Anda. Susu yang terkenal banyak mengandung vitamin D, sangat bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen kulit.

    Cara memanfaatkannya:
    Sediakan 1 gelas susu segar kemudian campur dengan 4 sdm (sendok makan) madu. Lalu, oleskan ke seluruh tubuh dan diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan dan dibilas

  13. Krim mata alami
    Mengapa Anda membutuhkan krim mata? Krim mata memiliki manfaat untuk melembabkan area mata dan membantu melawan keriput atau tanda-tanda penuaan.

    Cara membuatnya:
    – Sediakan pisang yang sudah matang kemudian haluskan dengan garpu
    – Tambahkan 1 sdt (sendok teh) yoghurt plain
    – Campur aduk hingga rata
    – Gunakan pada sekitar mata dan diamkan selama 20 menit sebelum dibersihkan

  14. Pelembab bibir alami
    Jika selama ini mengandalkan lip balm untuk melembabkan bibir, Anda bisa menggantinya dengan pelembab bibir buatan sendiri.

    Bahan yang Anda butuhkan:
    – 10 tetes air lemon atau minyak esensial lavender
    – 1 sdm (sendok makan) minyak almond
    – 2 sdm (sendok makan) minyak kelapa
    – 1,5 sdm (sendok makan) lilin lebah
    – Botol lip balm bekas

    Cara membuat:
    – Hangatkan bahan-bahan di atas (kecuali minyak esensial) dengan panas rendah agar mencair
    – Keluarkan dari pemanas, kemudian tambahkan minyak esensial
    – Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam botol lip balm bekas Anda, kemudian biarkan hingga dingin. Nah, lip balm alami buatan Anda sudah siap untuk digunakan.

  15. Serum wajah alami
    Kalau selama ini Anda merasa berat mengeluarkan uang untuk membeli serum wajah yang harganya mahal dan hanya dapat beberapa mililiter saja, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat sendiri serum wajah, yang manfaatnya, juga bisa bikin wajah serta kulit tetap awet muda. Biayanya tentu jauh lebih murah jika dibandingkan dengan produk-produk yang dijual di pasaran. Bagaimana cara membuatnya?

    Bahan-bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya
    – Sediakan tiga butir vitamin C (hancurkan)
    – Tambahkan 2 sdm (sendok makan) air mawar
    – Tambahkan 1 sdt (sendok teh) minyak zaitun
    – Aduk hingga rata

    Serum vitamin C di atas bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bekas luka jserawat, mencerahkan kulit, menangkal radikal bebas,s dan mencegah penuaan dini.

Demikian cara merawat kulit tubuh yang bisa Anda coba. Mulai dari merubah kebiasaan sehari-hari sampai menggunakan bahan alami.
Sebelum mencoba bahan-bahan alami diatas, pastikan kulit Anda tidak alergi terhadap bahannya.
Selamat mencoba.

Leave a Comment